Mengenal Jenis-Jenis E-Catalog Dalam Proses E-procurement - eProcurement Indonesia
preloader

Mengenal Jenis-Jenis E-Catalog Dalam Proses E-procurement

Mengenal Jenis-Jenis E-Catalog Dalam Proses E-procurement

E-catalog atau biasa disebut dengan katalog elektronik adalah sistem informasi elektronik yang berisi daftar, merk, jenis, spesifikasi teknik, harga sampai jumlah ketersediaan barang/jasa dari berbagai penyedia (supplier). E-catalog mempunyai tampilan yang hampir sama dengan e-commerce yang biasa anda gunakan dalam berbelanja online, namun bedanya adalah barang atau jasa yang diperjual belikan merupakan kebutuhan pemerintah atau perusahaan tempat anda bekerja.

E-catalog sendiri tidak hanya memiliki satu jenis saja, ada berbagai macam jenis e-catalog yang dikelompokkan berdasarkan kebutuhannya. Berikut jenis-jenis e-catalog dalam proses eprocurement : 

  • E-Catalog Nasional 

E-catalog nasional merupakan katalog nasional yang disusun dan dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. E-Catalog ini biasanya berisi tentang pengadaan barang-barang bantuan untuk fasilitas negara, seperti pekerjaan konstruksi, alat berat, obat-obatan, jasa konsultasi, buku pelajaran sekolah, hingga barang/jasa.

  • E-Catalog Sektoral

E-Catalog Sektoral adalah katalog elektronik yang disusun oleh Kementrian. Ruang lingkupnya lebih kecil dari e-catalog nasional. Dalam e-catalog sektoral biasanya barang atau jasa yang didaftarkan berkaitan dengan kepentingan kementerian atau sektoral masing-masing.

  • E-Catalog Daerah

E-katalog daerah adalah katalog elektronik yang penyediaan barang atau jasanya, menjangkau lingkup yang lebih kecil. Tim yang menyusun dan mengelola e-katalog daerah adalah pemerintah daerah yang langsung ditetapkan oleh kepala daerah setempat.

Dalam e-katalog daerah biasanya barang atau jasa yang didaftarkan berkaitan dengan kepentingan daerah setempat, berupa pekerjaan konstruksi yang umum dan melalui Competitive Catalogue, jasa konsultasi, barang ATK, dan lainnya.

  • E-Catalog Swasta

Yang terakhir ada e-catalog swasta, katalog elektronik ini berbeda dengan jenis-jenis e-catalog lainnya. E-catalog swasta memiliki dua kategori utama yang dikelompokkan sesuai dengan target perusahaan, diantaranya e-catalog untuk konsumen dan untuk bisnis. E-catalog swasta biasanya dibuat oleh badan usaha atau perusahaan swasta dalam bentuk list barang atau jasa yang dijual dan tercantum harganya melalui website resmi milik badan usaha tersebut.

Dengan adanya jenis-jenis atau klasifikasi e-catalog ini, akan memudahkan perusahaan dalam melakukan proses procurement dengan lebih efektif dan efisien.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *