Pengaruh Kualitas SDM terhadap Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa secara Elektronik - eProcurement Indonesia
preloader

Pengaruh Kualitas SDM terhadap Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa secara Elektronik

Pengaruh Kualitas SDM terhadap Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa secara Elektronik

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu bagian yang penting bagi perusahaan agar dapat berjalan dengan lancar untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tanpa SDM, perusahaan akan sulit untuk berjalan dan beroperasi sesuai dengan visi dan misi yang sudah disepakati di perusahaan. Kegiatan perusahaan sendiri pastinya bermacam-macam, salah satunya adalah pengadaan barang/jasa. Jika SDM yang dimiliki perusahaan tidak sesuai dengan kriteria, maka pengadaan barang/jasa yang dilakukan tidak dapat berjalan dengan lancar.

Berikut keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki oleh karyawan supaya kegiatan di perusahaan dapat berjalan dengan lancar:
1. Pandai dalam Komunikasi
Kemampuan komunikasi merupakan kemampuan dasar yang wajib diasah (dimiliki) oleh setiap karyawan. Dengan tata bahasa yang baik dan profesional, akan membuat karyawan dapat menyampaikan pendapatnya dengan baik. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, karyawan akan dapat dengan mudah melakukan komunikasi kepada vendor atau konsumen dalam hal pengadaan barang/jasa perusahaan. Karyawan tersebut pastinya bisa negosiasi mengenai harga yang ditawarkan vendor.

2. Memiliki Etika dan Sikap yang Baik
Selain keterampilan yang baik, seorang karyawan haruslah memiliki etika dan sikap yang baik juga. Dengan sikap yang baik, karyawan bisa dipastikan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam bekerja. Ketika karyawan tidak memiliki sikap yang baik, maka ia akan memiliki nilai-nilai yang bertentangan dengan orang lain. Sehingga, karyawan tersebut tidak akan bertahan lama dalam menunjang karirnya.

Dengan etika dan sikap yang baik, seorang karyawan tersebut pastinya akan sadar dengan tanggung jawab mengenai pengadaan barang/jasa yang sudah menjadi tugasnya. Tak hanya itu, karyawan tersebut pasti akan dipercaya oleh vendor dengan tanggung jawab tersebut.

3. Memiliki Kemampuan Organisasi dan Tata Kelola
Kemampuan organisasi dan tata kelola adalah hal yang penting untuk menunjang karir karyawan. Dengan keterampilan ini, karyawan dapat bekerja sama dengan karyawan lain untuk mengelola tugas-tugas yang ada. Dalam proses pengadaan barang/jasa, keterampilan organisasi dan kelola sangatlah penting. Seorang karyawan yang memiliki kemampuan ini dapat dengan mudah mengelola dalam proses pengadaan barang/jasa. Karyawan tersebut dapat mengatur skala prioritas dan sebagainya.

4. Dituntut untuk Kreatif dan Inovatif
Dalam dunia kerja, akan banyak mengalami perubahan pada setiap aspeknya. Salah satunya adalah proses pengadaan barang/jasa yang bisa dikerjakan melalui perangkat elektronik yang disebut e-procurement. Dalam hal ini, karyawan dituntut untuk kreatif dan inovatif supaya perusahaan dapat menghasilkan ide-ide baru untuk peningkatan kualitas.

5. Berpikir Kritis
Dalam proses pengadaan barang/jasa, terkadang ada masalah yang timbul. Karyawan yang baik adalah ia yang mampu berpikir kritis terhadap masalah yang dihadapi dan mampu memecahkan masalah tersebut. Artinya ketika terjadi masalah pada proses pengadaan barang/jasa, karyawan tersebut dapat menemukan solusi yang tepat untuk menghadapinya.

6. Paham Terhadap Teknologi
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perubahan dalam dunia kerja pasti ada. Bahkan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa semua hal yang terjadi sudah melibatkan teknologi, informasi, serta komunikasi. Dengan teknologi yang semakin maju, seorang karyawan harus pandai dalam mempelajari hal-hal baru supaya dapat menerapkan teknologi tersebut dengan baik di perusahaan. Selain menunjang pekerjaan agar lebih mudah, perkembangan teknologi akan membuat karyawan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.