Alasan Mengapa Vendor Harus Dikelola Dengan Baik - eProcurement Indonesia
preloader

Alasan Mengapa Vendor Harus Dikelola Dengan Baik

Dewasa ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin lama semakin kompleks. Hal tersebut juga berdampak bagi perusahaan. Dengan hal ini, membuat perusahaan harus semakin mengoptimalkan semua tatanan manajemen perusahaan. Salah satunya yaitu vendor management system. 

Vendor management system merupakan salah satu bagian procurement yang memiliki fungsi untuk mengelola vendor dengan baik. Dengan optimalnya vendor management system dapat menjadi solusi yang baik untuk perusahaan maupun untuk vendor itu sendiri. Karenanya, penting sekali untuk mengoptimalkan manajemen vendor.

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan membutuhkan manajemen vendor, salah satunya untuk menjalin hubungan yang baik dengan vendor. Jika hubungan terjalin dengan baik, maka akan terbangun sebuah mitra yang strategis. Hal ini,  akan membuat mitra yang semakin maju dan tumbuh serta berkembang secara bersama-sama.

Tak hanya itu, jika terjalin mitra yang baik dengan vendor, maka akan lebih mudah mendapatkan kualitas produk maupun jasa yang baik, misalnya jika ada proses negosiasi harga. Tujuannya bukan hanya untuk mendapatkan harga yang murah, tetapi juga kepada nilai dari kerjasama dengan vendor tersebut.

Alasan lain mengapa vendor harus dikelola dengan baik adalah agar kinerja vendor bisa searah dengan tujuan dan standar perusahaan. Hal ini juga memastikan jalannya vendor bisa sesuai dengan strategi perusahaan. Misalnya, vendor memastikan bahwa pasokan barang atau jasa bisa datang tepat waktu sehingga kualitas juga terjamin. 

Keuntungan lain yang didapatkan adalah mendapatkan vendor terbaik dan dapat membentuk calon mitra yang cukup luas. Dengan demikian, perusahan juga bisa mendapatkan beberapa pilihan vendor yang bisa diajak bergabung untuk bekerja sama yang tentunya sejalan dengan kebutuhan perusahaan.

Tak terkecuali bagian administrasi atau data, saat menjalin kerjasama tentu saja perusahaan kerap kali repot untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Misalnya ketika berurusan dengan pembayaran dan pajak.

Dengan vendor management system yang tersedia dalam eprocurement, semua masalah yang berkaitan dengan data bisa dengan mudah diatasi. Karena semua data bisa dikumpulkan dan diarsipkan dengan baik. Semua data yang dikumpulkan bisa diakses dan tanpa kesulitan mencarinya karena semuanya telah tersimpan dalam database dalam website. Untuk mengubah dan melakukan audit data tentunya akan jauh lebih mudah juga. Hal ini juga bisa meningkatkan kepatuhan dari vendor. 

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *