Pentingnya Membangun Relasi dengan Vendor - eProcurement Indonesia
preloader

Pentingnya Membangun Relasi dengan Vendor

Pentingnya Membangun Relasi dengan Vendor

Dalam proses pengadaan barang/jasa baik itu manual atau secara online perusahaan akan berhubungan dengan vendor sebagai penyedia barang/jasa. Membangun relasi adalah hal penting karena vendor adalah penyedia produk yang akan membuka jalan keuntungan bagi perusahaan. Walaupun perusahaan sudah mengimplementasikan vendor management system dengan baik. Perlu disadari bahwa aspek ‘manusia’ yang terlibat dalam menjalankan proses tersebut.

Vendor direpresentasikan sebagai seorang yang juga memiliki sifat-sifat manusia pada umumnya. Membangun hubungan baik dengan vendor juga dapat dilakukan seperti berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Karena bisa dikatakan mereka adalah aset berharga bagi perusahaan. Berikut beberapa tips untuk membangun hubungan baik perusahaan terhadap vendor:

  1. Menghadirkan Informasi yang Transparan

Dengan menyampaikan informasi yang terbuka kepada vendor, akan membuat proses vendor management system berjalan dengan lancar.

  1. Komitmen

Sebuah komitmen harus dibangun terlebih dahulu oleh kedua pihak. Dengan dibangunnya komitmen tersebut akan menentukan keberhasilan dari kerja sama yang dilakukan. Perusahaan perlu mendapat komitmen dari vendor untuk mendukung strategi perusahaan. Sedangkan vendor membutuhkan komitmen perusahaan untuk dapat memasok barang/jasa dengan kualitas dan tingkat pelayanan yang diharapkan.

  1. Pahami Bisnis Vendor

Sama dengan perusahaan yang ingin memperoleh keuntungan, vendor juga memiliki bisnis yang diharapkan untuk dapat memperoleh keuntungan. Artinya, perusahaan harus memaksimalkan kualitas barang/jasa supaya dapat memuaskan vendor. Dengan vendor management system akan membantu perusahaan untuk mengembangkan kerja sama dengan vendor, dimana perusahaan ikut berkontribusi dalam meningkatkan pelayanan dari vendor dengan cara memahami bisnis yang dijalankan vendor.

  1. Pemesanan dan Pengiriman

Dalam proses pemesanan akan diawali dengan pembuatan kontrak atau menggunakan purchase order. Setelah proses ini dilakukan, selanjutnya ke proses pengiriman dilakukan. Perusahaan pastinya harus memastikan bahwa proses ini telah berjalan dengan lancar dan pada proses pengiriman pun juga harus tepat waktu. Hal ini dilakukan agar kepercayaan vendor terhadap perusahaan tetap terjaga dengan baik.

Dengan terciptanya hubungan baik antara penyedia barang/jasa, maka relasi jangka panjang akan terjadi. Hal ini akan memberikan dampak yang baik pada performa transaksi dan akan menguntungkan perusahaan.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.