Efektivitas Vendor Management System dalam Perusahaan - eProcurement Indonesia
preloader

Efektivitas Vendor Management System dalam Perusahaan

Efektivitas Vendor Management System dalam Perusahaan

Semakin berkembang dan komplek sebuah bisnis, perubahan tugas untuk memenuhi kebutuhan perusahaan sangat diperlukan. Seperti mengubah status penyedia barang/jasa menjadi rekanan atau vendor, bukan hanya sebagai pemasok. Pada E procurement ada bagian yang berperan melalui penerapan vendor management yang berguna untuk mengoptimalisasi proses pengadaan barang/jasa.

Kelancaran dari proses pengadaan barang/jasa dapat dikatakan bergantung pada vendor management system. Vendor Management System adalah sebuah pengelolaan vendor atau rekanan yang merupakan bagian dari pengadaan barang dan jasa (procurement). Dengan mengimplementasikan vendor management system ke dalam perusahaan, akan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan sendiri, antara lain:

  1. Meminimalisir Biaya

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan adalah meminimalisir biaya. Vendor Management System ini memungkinkan untuk mendapatkan harga barang/jasa terendah. Yang perlu diterapkan adalah dengan meningkatkan transparansi dengan supplier dan menentukan nilai terbaik dari barang/jasa.

  1. Meningkatkan Keuntungan

Dengan menggunakan Vendor Management System, perusahaan dapat memilih vendor yang tepat untuk perusahaannya. Vendor yang dipilih haruslah yang memiliki kinerja selaras dengan tujuan bisnis perusahaan, seperti pasokan yang datang tepat waktu, ketepatan jumlah, dan kualitas barang/jasa.

  1. Manajemen Performa yang Baik

Vendor Management System akan memberikan integrasi performa dari keseluruhan penyedia barang/jasa. Dengan  begitu, perusahaan dapat mengetahui bagian mana yang sudah berjalan lancar atau terjadi kendala. Selanjutnya, perusahaan akan dapat membuat keputusan untuk mengatasi kendala yang ada, sehingga performa perusahaan akan berjalan dengan baik

  1. Meningkatkan Kekuatan Pembelian

Dengan banyaknya pilihan supplier yang terdata akan membuat perusahaan melakukan proses konsolidasi. Sehingga daya beli perusahaan akan meningkat, caranya dengan meningkatkan harga pembelian dan meningkatkan pasokan pengadaan barang/jasa yang telah diseleksi sebelumnya.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.