Manfaat Katalog Elektronik bagi Konsumen dan Perusahaan - eProcurement Indonesia
preloader

Manfaat Katalog Elektronik bagi Konsumen dan Perusahaan

Manfaat Katalog Elektronik bagi Konsumen dan Perusahaan

E-katalog adalah bagian dari e-procurement yang didefinisikan sebagai tempat penyimpanan elektronik informasi mengenai barang, produk, ataupun jasa. E-katalog memiliki peranan yang penting karena berisikan daftar item, spesifikasi dan harga yang menjadi rujukan dalam perbandingan berbagai produk sejenis. Melalui e-katalog, penggunaan jasa dapat memastikan bahwa penawaran yang disampaikan vendor telah sesuai dengan standar/spesifikasi yang ditetapkan oleh instansi terkait.

Sebuah manajemen katalog sukses meningkatkan hubungan kerja antara pembeli dan pemasok juga secara otomatis dan detail menyediakan informasi produk, pemasok, dan prosedur pemesanannya. E-katalog mengatur informasi secara rinci mengenai produk dan layanan yang ditawarkan, mengklarifikasi mengkategorikan, dan mendistribusikan informasi produk dengan benar. Selain itu, masih banyak manfaat yang didapat dari e-katalog, yaitu:

Manfaat E-Katalog bagi Konsumen

  1. Akses menjadi Lebih Mudah

Dengan menggunakan e-katalog akan lebih menghemat waktu, karena e-katalog dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Hanya dengan satu perangkat seperti gadget, konsumen sudah dapat melihat beberapa e-katalog sekaligus dari jumlah took maupun supplier.

  1. Selalu Diperbarui/update

Katalog elektronik tidak bisa kadaluarsa, apabila ada pembaruan seperti tingkat efektif dan efisien, maka bisa langsung di update. Katalog ini akan selalu diperbarui baik dalam hal foto produk, harga, maupun promo yang berlaku.

  1. Informasi Barang/Jasa menjadi lebih Transparan

Dengan menggunakan e-katalog, informasi mengenai barang/jasa selalu update dan transparan. Sehingga tingkat kecurangan bisa diminimalisir dengan menggunakan e-katalog. Karena, informasi dalam katalog elektronik yang tertera berarti telah disepakati oleh pihak penyedia barang/jasa dan dianggap sah.

  1. Pengadaan Barang/Jasa menjadi Lebih Efektif

Dengan menggunakan e-katalog, konsumen akan lebih mudah dalam melakukan kesepakatan harga, termin waktu pembayaran pembayaran saat proses pengadaan barang/jasa.

Manfaat E-Katalog untuk Perusahaan

  1. Lebih Efektif dan Efisien

Katalog elektronik menyediakan fasilitas pemesan yang tentunya menguntungkan perusahaan. Semua barang/jasa yang dipesan oleh konsumen juga sudah terlampir jelas di dalam e-katalog. Untuk arsip barang/jasa bisa ditunjukkan langsung, ketika terjadi suatu kesalahpahaman ataupun kesalahan.

  1. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Karena e-katalog dapat digunakan oleh konsumen dimanapun dan kapanpun, pastinya dengan kemudahan tersebut akan menaikkan omset perusahaan. Konsumen pastinya akan lebih cenderung memilih e-katalog untuk mempersingkat waktu dalam memilih barang/jasa yang ingin dibeli. Perusahaan juga akan mendapat keuntungan untuk menjangkau lebih banyak pasar dan selangkah lebih maju dari perusahaan lain.

  1. Meminimalisir Penyalahgunaan Harga

Penyalahgunaan harga ini bisa dilakukan oleh pegawai yang berada di perusahaan. Misalnya dengan sengaja menambahkan harga barang/jasa demi keuntungan pribadi. Dengan menggunakan e-katalog, resiko ini dapat diminimalisir karena harga barang/jasa akan lebih transparan. Untuk arsip pembelian juga tersimpan langsung di e-katalog yang akan mengurangi resiko jika ada pihak yang ingin memanipulasi harga.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.