E-PROCUREMENT Adalah Salah Satu Solusi atas pertanyaan, Kemana Anda Membelanjakan Uang Perusahaan? - eProcurement Indonesia
preloader

E-PROCUREMENT Adalah Salah Satu Solusi atas pertanyaan, Kemana Anda Membelanjakan Uang Perusahaan?

E-PROCUREMENT Adalah Salah Satu Solusi atas pertanyaan, Kemana Anda Membelanjakan Uang Perusahaan?

Pertanyaan tersebut mungkin sering anda dengar, Semua macam perusahaan dari semua ukuran, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar harus memahami, kemana membelanjakan uang perusahaan? Bagaimana perusahaan dapat merekam semua pengeluarannya, meningkatkan kontrol terhadap pembelanjaannya, dan memaksimalkan penghematan dan efisiensi biaya? Ya, e-procurement adalah sebuah solusi untuk menangani aktivitas tersebut.

Sebagai sebuah sistem, e-Procurement pun mengalami perubahan dari generasi ke generasi, bagaimana memperbaiki diri dalam memposisikan fungsinya dalam memberikan solusi. Solusi e-Procurement generasi pertama menyediakan pelaksanaan pengadaan dengan alur kerja yang terbatas, sehingga tidak fleksibel dan susah untuk diterapkan. Solusi e-Procurement generasi kedua telah memanfaatkan website yang tentunya memperluas penggunaan e-Procurement namun masih belum fleksibel. 

Solusi e-Procurement generasi ketiga yang diimplementasikan pada hari ini, memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam penerapannya di tiap PC, Desktop bahkan smartphone. Dengan pengguna yang semakin luas, perusahaan bisa lebih meningkatkan kontrol dari pembelian yang mereka lakukan sehingga bisa lebih memaksimalkan penghematan biaya. Karakteristik untuk generasi ketiga yang ditawarkan adalah visibilitas atau mudah diamati.

Generasi ketiga juga menekankan pada peraturan bisnis yang sudah menjadi kebijakan suatu perusahaan, seperti aturan bisnis dimana vendor harus mempertahankan kriteria yang telah ditentukan, membantu corporate responsibility value, atau sesuai dengan standar pembukuan perusahaan, atau real-time monitoring dari pengeluaran dibandingkan dengan anggaran berdasarkan agenda pengadaan.

e-Procurement juga menjadi bagian dari SCM (Supply Chain Management) yang mengelola organisasi internal dalam mengerjakan perencanaan dan pelaksanaan pengadaan barang / jasa dengan rekanan. Dalam mengurangi ketidakefisienan rantai pengadaan, maka diterapkanlah sebuah teknologi informasi untuk menjalankan integrasi pengadaan barang dan jasa ini.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *