E-Procurement Untuk Mencegah Maverick Cost Pada Proses Pengadaan Barang dan Jasa - eProcurement Indonesia
preloader

E-Procurement Untuk Mencegah Maverick Cost Pada Proses Pengadaan Barang dan Jasa

E-Procurement Untuk Mencegah Maverick Cost Pada Proses Pengadaan Barang dan Jasa

Biaya yang biasa disebut dengan pembelanjaan tidak terkelola dapat membebani perusahaan dari semua pembelanjaan tidak langsung setiap tahun. Pengeluaran maverick terjadi pada pembelian yang dilakukan diluar kontrak yang disepakati dengan mengesampingkan proses pengadaan yang telah ditentukan. Hal ini menambah jutaan bahkan milyaran uang yang terbuang percuma setiap tahun.

Untuk meminimalisir pelaksanaan biaya maverick dalam pengadaan barang dan jasa, terdapat e-procurement yang memudahkan perusahaan Anda memiliki akses ke banyak vendor dan dapat menawarkan penawaran dengan mudah. Selain itu, vendor juga bisa bersaing dan menawarkan produk atau jasa mereka. 

Dalam e-procurement juga terdapat fitur pemesanan online yang dapat mempersingkat siklus pemenuhan bahan baku atau produksi dan juga waktu pengiriman yang telah ditentukan. Hal ini memungkinkan pengurangan pembelian yang tidak wajar atau biaya maverick karena semua data pembelian akan tersimpan dalam laporan di server. Hal ini, dapat mengurangi kemungkinan biaya lebih besar.

Memahami pembelanjaan maverick adalah langkah pertama untuk mengindentifikasi dan menerapkan penerapan. Dengan teknik dan sistem yang tepat, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan keuntungan Anda serta mengurangi pembiayaan yang tak terduga setiap tahun. 

Didalam e-procurement agar pengadaan bisa berfungsi dengan baik, sistem pengadaan harus persetujuan, sehingga tim pengadaan pusat dapat membeli oleh individu dan tim. Jika tidak adanya persetujuan, biaya maverick akan melonjak tinggi hingga tak terbayangkan karena individu dalam tim dapat melakukan pembelian diluar kontrak.

Alasan lain untuk pembelanjaan yang tidak wajar karena kontrol pembelian yang lebih ketat. Seperti pembelian, krisis sistem yang mengakibatkan mengakibatkan di lokasi vendor yang berbeda dan hal itu dapat dengan mudah menyebabkan biaya maverick.

Sebelum memulai kontrol pembelanjaan, Anda harus terlebih dahulu memahami dan menganalisa akar penyebabnya. Strategi untuk mengendalikan belanja maverick bergantung pada pemahaman yang baik tentang apa yang menyebabkan pembelanjaan maverick pada awalnya dan kemudian menyelesaikan solusi untuk menyelesaikannya, seperti: 

  1. Identifikasi pembelanjaan maverick, visibilitas pengeluaran adalah kuncinya.
  2. Tentukan mengapa pembelanjaan maverick terjadi.
  3. Tinjau seluruh proses pengadaan.
  4. Buat orang bertanggung jawab atas pengeluaran mereka.
  5. Tutup celah dalam proses pengadaan Anda

 Solusi pengadaan lewat digital atau yang disebut e-procurement seperti e-procurement indonesia membantu Anda menyederhanakan proses pengadaan, meningkatkan akuntabilitas dan membantu bisnis Anda tetap tinggi yang memungkinkan Anda mengeluarkan biaya yang tidak terduga atau biaya yang tidak terduga, dengan hal ini, Anda bisa biaya puluhan hingga ratusan juta pertahunnya.

Selain itu, solusi menggunakan e-procurement untuk semua pembelian dapat signifikan pengeluaran pengeluaran. Hal ini mendorong individu dan tim untuk menggunakan sistem yang sama, yang lebih mudah untuk permintaan pembelian melalui vendor yang benar.  

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Situs web https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di + 62811-3484-007 / + 6231-591-75838

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *