Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Supply Chain Management Dengan E-Procurement - eProcurement Indonesia
preloader

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Supply Chain Management Dengan E-Procurement

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Supply Chain Management Dengan E-Procurement

Pernahkah Anda mendengar tentang supply chain management? Dalam industri manufakturing, kegiatan utamanya untuk merencanakan, mengontrol serta mengeksekusi alur dari sebuah produk. Dari bahan-bahan mentah dan bahan-bahan pendukungnya menjadi barang jadi dan mendistribusikannya kepada pelanggan.

Manajemen ini memastikan seluruh proses berjalan sesuai ketentuan dan dengan seefektif mungkin. Hal ini sangat penting dalam keberlangsungan perusahaan. Supply Chain Management sering disamakan dengan procurement karena kemiripannya, namun keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. 

Lalu, apa bedanya dengan e-procurement?

Seluruh pihak yang terlibat dalam proses pengadaan barang atau jasa dapat dikatakan sebagai bagian dari supply chain. Karena proses ini sangat penting dan agar proses bisa berjalan lancar, kegiatan ini bergantung kepada mitra, produsen hingga staf dan pekerja di dalamnya. Dalam proses kegiatan ini, juga dibutuhkan manajemen-manajemen lainnya untuk menjamin keselarasan dan komunikasi yang baik diantara seluruh kesatuan bisnis. 

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti kapan produk didistribusikan, pengambilan bahan baku, pengujian kualitas, dan penyimpanan produk. Karenanya, banyak perusahaan membutuhkan penyedia jasa supply chain management untuk mengurus supply chainnya.

Dari hal ini, Anda bisa memahami bahwa supply chain adalah proses keseluruhan, sedangkan procurement adalah bagian didalamnya. Dalam procurement, terdapat pula beberapa fungsi lain, misalnya mencari vendor yang dibutuhkan/yang sesuai kriteria, melakukan negosiasi harga, melakukan persetujuan kontrak hingga pembelian dan pembayaran. 

Sebagai bagian dari supply chain, procurement dapat juga dikatakan sebagai bagian inti dari strategi korporat perusahaan. supply chain management maupun procurement, sama sama  memegang peranan penting dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.