Ingin Memenangkan Tender ? Wajib Baca Artikel Ini - eProcurement Indonesia
preloader

Ingin Memenangkan Tender ? Wajib Baca Artikel Ini

Ingin Memenangkan Tender ? Wajib Baca Artikel Ini

Beberapa besar perusahaan melaksanakan tender dalam melaksanakan pengembangan bisnis atau untuk terus bekerjasama dengan pemasok. Baik di sektor publik ataupun swasta, tender adalah sistem paling umum untuk mengamankan sebuah proyek. Kita mengenal bahwasanya tender adalah sebuah kompetisi, dan calon pembeli tender yang paling menguntungkan secara ekonomi akan dipilih melalui pengerjaan tender untuk bekerjasama dengan penjual atau pemilik tender dalam sebuah kontrak. Memenangkan sebuah tender tidaklah senantiasa mudah terutama dengan banyaknya pesaing-pesaing bisnis yang bergerak di bidang yang sama. Berikut adalah strategi agar mendapatkan kemenangan atas tender proyek.

  1. Melakukan perencanaan

Hal pertama untuk mengawali pengerjaan tender adalah dengan mengidentifikasi kesempatan tender dengan benar. Sebagai calon pembeli tender, Anda seharusnya melaksanakan peninjauan menyeluruh untuk tender untuk menetapkankesempatan keberhasilan. Pada tahap ini, Anda direkomendasikan untuk mengukur kemungkinan pesaing serta memilih spesifikasi dan tujuan strategis, untuk menetapkan apakah ini adalah kontrak yang menguntungkan atau tidak. Anda harus mempunyai seluruh dokumentasi yang terkini dan menetapkan ulang sebelum mengirimkan penawaran. Mengirimkan penawaran sering kali memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan, untuk lebih aman karena Anda harus mengirimkan satu atau dua hari sebelum waktunya.

  1. Mempromosikan manfaat

Disaat membuat penawaran, calon pembeli tender harus menjelaskan apa saja yang akan dilakukan menjabarkan pengerjaan, biaya dan lama pelaksanaan proyek. Tetaplah untuk fokus terhadap calon klien, tanyakan perihal keperluan mereka dan bagaimana menyelesaikan permasalahan mereka. Cari tahu apa yang diperlukan oleh calon klien, dan apa yang penting bagi mereka. Berikan bukti keahlian dan pengalaman untuk meyakinkan calon klien khususnya jelaskan apa yang akan mereka peroleh dari perusahaan Anda dan yang tak diperoleh dari orang lain.

  1. Memberikan kontribusi positif

Dalam rangka melakukan pekerjaan yang dibutuhkan oleh tender, perusahaan Anda mungkin perlu untuk mempekerjakan staf tambahan agar proyek bisa selesai tepat waktu. Ini artinya Anda sudah mewujudkan lapangan kerja yang mempunyai pengaruh sosial yang kongkrit di tengah masyarakat. Anda bisa membantu seseorang belajar keterampilan baru atau membantu untuk meningkatkan lapangan kerja. Dengan menerangkan pengaruh positif karena Anda mempunyai peluang untuk memenangkan tender yang jauh lebih baik dari pesaing yang tidak menetapkan hal ini.

  1. Membuktikan keunggulan

Pernyataan saja mungkin tidaklah cukup, Anda perlu memberikan dengan contoh, statistik, penghargaan yang sudah diperoleh, grafik, informasi pendorong atau apa bahkan yang membuktikan bahwa Anda bisa melaksanakan apa yang Anda katakan, jangan berasumsi bahwa calon pembeli cuma berharap mendengar sekedar perkataan saja. Seringkali calon pembeli mensyaratkan pemasok harus telah tersertifikasi oleh Badan Sertifikasi ISO.

  1. Merespon secara Langsung 

Berusaha menyesuaikan respon untuk tawaran tertentu, luangkan waktu Anda untuk membaca dan menjawab pertanyaan mereka sebab tiap tender berbeda dan demikian juga tiap calon klien. Apabila Anda tidak yakin apa yang ditanyakan oleh calon klien karena senantiasa ada peluang untuk mengajukan pertanyaan terhadap mereka. Semakin banyak Anda tahu perihal calon klien semakin lebih baik Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di tender dokumen.

  1. Menyusun Tim

Apabila Anda seorang pengusaha start-up mungkin tidak sesuai untuk membuat tim. Tetapi, untuk perusahaan besar, ada sebagian pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan saat mempersiapkan penawaran. bentuklah tim yang Anda tahu akan sanggup menanganinya, sebuah tim bersama-sama menangani informasi yang akan terjadi. Jelaskan kekuatan tim yang sudah dibentuk, mungkin anggota tim mempunyai pengalaman bekerja sebelumnya dengan otoritas di bidang tertentu, oleh karena itu berikan rincian ini dalam respon Anda karena sebuah tim yang kuat pasti akan membantu membentuk tawaran yang kuat.

  1. Menetapkan harga

Salah satu kekeliruan paling umum yang dijadikan dalam pengerjaan tender adalah saat pemasok menganggap bahwa tawaran termurah akan senantiasa menang. Harga dibawah standar benar-benar bisa membahayakan peluang dari kemenangan, apabila dengan sengaja memberi harga di bawah standar karena Anda akan mempunyai resiko diperhatikan kurang kredibilitas. Anda  menempatkan diri dalam bahaya sebab tidak sanggup melakukan tender dengan anggaran yang ditentukan, dan bisa memberikan kesan bahwa harga rendah mencerminkan kualitas rendah.

  1. Menetapkan Secara Keseluruhan

Melaksanakan perbaikan atas semua sesuatu sebelum Anda mengirimkan tawaran adalah hal yang baik. Sesudah seluruh usaha yang sudah dituangkan ke dalam penawaran, akan menjadi kesan buruk apabila ada kekeliruan ketik atau tata bahasa yang buruk yang dapat merusak tender, oleh karena itu senantiasa pertimbangkan bahasa yang diterapkan, bagaimana sistem mempresentasikan produk dan bagaimana produk akan diperkenalkan.

  1. Mengirimkan Secara Langsung

Mengirimkan penawaran via e-mail atau dunia maya mungkin memang mempermudah pekerja akan tapi tidaklah senantiasa menguntungkan, seringkali e-mail terlewatkan diperbandingkan apabila Anda mengirimkannya secara langsung.

  1. Menetapkan Tepat Waktu

Pastikan penawaran dikirimkan tepat waktu tidak mungkin bahwa organisasi akan menetapkan tawaran Anda apabila tiba sesudah waktu penutupan. Jangan menunggu hingga menit terakhir untuk mengirimkan proposal, akan lebih baik apabila mengirimkannya lebih awal.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *