Kegunaan dan Pengertian Procurement Automation - eProcurement Indonesia
preloader

Kegunaan dan Pengertian Procurement Automation

Kegunaan dan Pengertian Procurement Automation

Dewasa ini, divisi pengadaan/procurement memiliki peran yang penting pada perusahaan dalam meningkatkan keuntungan dan mencapai target perusahaan.  

​​Keputusan yang diambil oleh divisi pengadaan / procurement akan memberikan dampak yang signifikan bagi seluruh perusahaan seperti, meningkatkan cost saving ataupun keputusan-keputusan lainnya yang memberikan dampak yang besar bagi perusahaan.

Sebelum itu, dapat kita ingat kembali mengkaji filosofis dari proses pengadaan, yaitu “Procuring right thing at the right time at a right price from the right vendor.

Dimana divisi procurement memiliki tugas untuk mencari vendor yang tepat, harga yang cocok, sampai barang yang dipesan diterima oleh customer. Oleh karena itu, proses pengadaan harus dapat dilakukan secara otomatis, agar semua dapat berjalan dengan seharusnya. Disini dapat kita sebut dengan istilah procurement automation atau otomatisasi pengadaan.

Automation Procurement atau otomatisasi pengadaan adalah percepatan proses pengadaan yang berfokus meringankan beban tim pengadaan dari tugas yang memakan waktu dan berulang-ulang, dan memberikan kesempatan pada procurement personnel untuk fokus terhadap kegiatan yang lebih kritikal bagi perusahaan seperti proses pengambilan keputusan pengadaan dan strategi pengadaan. 

Lalu proses apa saja proses pengadaan yang menggunakan proses otomatisasi?

  • Purchase Requisition (PR) 

Proses Procurement Automation akan membantu anda mempersingkat waktu approval PR anda dengan memotong tahap-tahap yang membebankan dan memastikan PR anda tidak tercecer dan terlupakan, sehinggia tim pengadaan dapat melakukan tugasnya dengan cepat.

  • Purchase Order (PO) 

Menggunakan procurement Automation sehingga dapat meningkatkan efektitas siklus PO di perusahaan anda.

  • Contract Approval & Repository

Kontrak yang dibuat tersimpan dengan baik di database digital sehingga lebih mudah diakses oleh pihak-pihak yang membutuhkan dan pihak yang ingin memberikan persetujuan terhadap kontrak suatu pengadaan.

  • Invoice & Vendor Management

Dengan menerapakan proses Otomatisasi Pengadaan, divisi pengadaan akan secara cepat menemukan dan menyelesaikan masalah yang ada untuk menciptakan hubungan vendor yang lebih baik.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *