Ketahui Tugas-Tugas Vendor Sebagai Pemasok Dalam Bisnis - eProcurement Indonesia
preloader

Ketahui Tugas-Tugas Vendor Sebagai Pemasok Dalam Bisnis

Ketahui Tugas-Tugas Vendor Sebagai Pemasok Dalam Bisnis

Vendor mengacu pada individu atau perusahaan yang menjual sesuatu kepada individu atau entitas lain. Vendor dapat dimanfaatkan di berbagai tempat dalam rantai pasokan. Istilah vendor dapat mencakup pengecer atau pemasok secara luas dengan apa yang sering menjadi komponen dalam produk yang lebih besar.

Di dalam supply chain management, kita pasti mengenal adanya istilah vendor. Vendor adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan penjual barang atau jasa. Vendor juga menjembatani produk dari produsen agar sampai ke tangan konsumen atau perusahaan lain.

Istilah vendor dapat mencakup pengecer atau pemasok, karenanya keberadaan vendor sangat penting dalam dunia bisnis. Orang yang berprofesi dalam bidang ini berperan untuk menjual atau memasok sumber daya berupa bahan mentah kepada pihak lain, dan kemudian diolah menjadi produk atau barang lain.  

Selain itu, vendor juga memiliki tugas-tugas penting didalamnya untuk memastikan bahwa barang atau jasa dari sebuah perusahaan dapat tersedia dengan baik. Beberapa tugas vendor adalah sebagai berikut :

  • Memenuhi permintaan dari perusahaan yang menjadi mitranya sesuai perjanjian
  • Memastikan bahwa setiap permintaan konsumen merupakan produk yang berkualitas
  • Memastikan pengiriman barang atau jasa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
  • Memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang bersaing

Vendor juga sering diartikan sebagai perusahaan atau perorangan yang menjual produk baik barang atau jasa kepada pihak lain. Tujuan utama dari vendor adalah menunjang kinerja dari perusahaan yang bermitra guna memenuhi kebutuhannya.

Namun, perlu diketahui bahwa vendor juga tidak hanya menjual bahan baku saja tetapi juga bahan setengah jadi, ataupun juga bisa menawarkan jasa. Maka dari itu, posisi vendor dalam proses pengadaan barang atau jasa sangatlah penting.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.