Keunggulan E-Procurement Dalam Menyederhanakan Pengerjaan Pengadaan Perusahaan - eProcurement Indonesia
preloader

Keunggulan E-Procurement Dalam Menyederhanakan Pengerjaan Pengadaan Perusahaan

Keunggulan E-Procurement Dalam Menyederhanakan Pengerjaan Pengadaan Perusahaan

Pengadaan atau procurement adalah suatu aktivitas yang selalu ada dalam sebuah bisnis. Aktivitas ini bertujuan untuk menerima barang atau jasa yang paling sesuai dengan keperluan dan anggaran perusahaan. Sayangnya, pengerjaan yang kompleks dan berbelit-belit seringkali memunculkan beragam permasalahan yang membuat perusahaan tidak menempuh tujuan yang sesungguhnya dari aktivitas tersebut.

Pengerjaan Pengadaan Secara Konvensional dan Kekurangannya

Pengerjaan pengadaan harus memenuhi prinsip efektif, efisien, transparan, terbuka, berkompetisi, adil, serta akuntabel. Tetapi, prinsip-prinsip tersebut cukup susah untuk dicapai dalam pengerjaan pengadaan barang secara konvensional.

Pasalnya, tahapan-tahapan yang kompleks dan berbelit-belit membuka kesempatan modus operandi atau tindak korupsi yang bisa merugikan perusahaan. Bahkan, kecurangan-kecurangan tersebut seringkali dilaksanakan oleh pihak-pihak internal perusahaan yang berkeinginan mendapatkan profit pribadi.

Solusi E-procurement dalam Menyederhanakan Pengerjaan Pengadaan Barang dan Jasa

Sebagai solusi untuk menjawab permasalahan yang biasanya timbul dari pengerjaan pengadaan secara konvensional, e-procurement hadir dengan menyederhanakan tahapan-tahapan pengadaan sehingga menjadi lebih efektif, efisien, serta transparan bagi semua pihak.

Jika diistilahkan, e-procurement adalah metode pengadaan barang dan jasa yang memanfaatkan teknologi elektronik seperti internet dan jaringan komputer. Sebab semua pengerjaannya dilaksanakan secara digital, metode ini bisa menyederhanakan tahapan pengadaan secara digital yang biasanya rumit dan menyita banyak waktu.

Melalui metode e-procurement, tahap pencarian vendor, perbandingan harga dari masing-masing vendor, persetujuan, pemantauan, penagihan, sampai pembayaran, seluruhnya dilaksanakan secara digital. Dengan demikian, aktivitas pengadaan yang dilaksanakan tidak akan terlepas dari prinsip-prinsip pengadaan yang baik, adalah efektivitas, efisien, transparan, terbuka, adil, serta akuntabel.

Keunggulan E-procurement Dibanding Pengadaan Barang dan Jasa Secara Konvensional

Sebagai solusi untuk menyederhanakan pengerjaan pengadaan yang kompleks dan berbelit-belit, e-procurement mempunyai sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh pengadaan barang dan jasa secara konvensional, adalah :

Mudah

Hal pertama yang menjadi keunggulan dari e-procurement adalah pengerjaannya yang gampang. Melalui e-procurement, perusahaan dapat mencari, membandingkan sampai memilih vendor yang sesuai dengan keperluan dan anggarannya secara langsung melalui katalog online. Jadi, tidak perlu lagi mencari vendor harga, mencatat dan menghitung harga dari vendor secara manual, atau melaksanakan pengerjaan rumit lainnya.

Transparan

Keunggulan selanjutnya yang ditawarkan oleh e-procurement adalah transparan. melalui metode ini, semua pihak yang diberikan kewanangan dapat mengaksesnya dengan gampang secara online. Dengan demikian, pengerjaan pengadaan yang berlangsung dapat dipastikan selalu terpantau dan terkontrol dengan baik. Konflik seperti perselisihan kepentingan atau pengalahgunaan anggaran untuk menerima profit pribadi pun pastinya dapat diminimalisasi.

Tanpa hambatan

E-procurement merubah metode persetujuan, penagihan, serta konfirmasi pembayaran sehingga bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja secara online. Dengan demikian, pengerjaan pengadaan akan berjalan sesuai agenda dan terhindar dari permasalahan-permasalahan seperti persetujuan yang terbendung, keterlambatan penagihan, atau pembayaran yang terhambat.

Aman dan Tepercaya

E-procurement menyediakan platform yang aman dan tepercaya bagi pihak perusahaan ataupun supplier. Melalui kemudahan metode, pengerjaan yang berprofesi secara transparan, tanpa hambatan, dan bisa dikendalikan oleh semua pihak, pengadaan barang dan jasa secara elektronik ini adalah solusi terbaik untuk menjawab permasalahan-permasalahan pengadaan di perusahaan atau korporasi yang masih dilaksanakan secara konvensional.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *