Keuntungan E-Procurement bagi Perusahaan - eProcurement Indonesia
preloader

Keuntungan E-Procurement bagi Perusahaan

Keuntungan E-Procurement bagi Perusahaan

Sebesar apa keuntungan e-procurement untuk perkembangan suatu perusahaan? Tidak salah jika Anda mempunyai kekhawatiran untuk pengerjaan pengadaan online barang dan jasa melalui metode e-procurement. Anda mungkin tidak sendirian; tidak sedikit manajer komponen pengadaan berpendapat bahwa metode ini terlalu kompleks dan perlu waktu lama untuk mempelajari pengerjaannya.

Electronic procurement, atau yang biasa disingkat dengan e-procurement adalah pengerjaan pengadaan barang dan jasa dengan bantuan aplikasi dan teknologi berbasis online. Kemunculan metode ini disinyalir memungkinkan terjadinya otomatisasi pengerjaan bisnis internal sekalian menyediakan platform yang mendukung automasi di tingkat global.

Dengan demikian, para profesional pengadaan barang dan jasa di seluruh dunia akan lebih gampang dan efisien dalam membagikan informasi dan menjalin komunikasi, menyederhanakan pengerjaan pengadaan, mengurangi waktu juga tarif tanpa harus mengorbankan standar dan kualitas.

Lalu, apa saja sesungguhnya keuntungan e-procurement untuk perusahaan? Berikut sebagian di antaranya:

  1. Mengurangi Tarif Operasional Pengadaan

Pengadaan online melalui metode e-procurement disinyalir akan lebih menghemat tarif operasional perusahaan, khususnya yang berkaitan dengan pembelian barang dan jasa. Metode ini akan mencegah terjadinya pertambahan tarif atau pengeluaran ganda yang berkaitan dengan jumlah pembelian barang dan prosedur pengadaan yang masih manual, seperti penerapan perangko dan amplop untuk pengiriman dokumen.

  1. Pengeluaran yang Lebih Transparan

Metode pengadaan barang secara online tidak hanya memangkas tarif operasional, tetapi juga mempermudah Anda dalam membikin dan menganalisa laporan berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa. Pasalnya, metode ini akan secara otomatis mengerjakan pencatatan untuk pengerjaan pengadaan yang Anda lakukan. Dengan demikian, Anda bisa menentukan bahwa prosedur dan pengerjaan pengadaan barang ataupun jasa sudah sesuai dengan kebijakan perusahaan.

  1. Peningkatan Produktivitas

Anda pasti butuh waktu untuk mempelajari dan menyesuaikan diri dengan semua hal baru, tidak terkecuali kepada perubahan pengerjaan pengadaan dari manual menjadi pengadaan online. Tetapi, Anda akan menyadari bahwa metode pengadaan barang secara elektronik justru tidak menghabiskan banyak waktu jika diperbandingkan dengan pengadaan barang secara tradisional.

Pengerjaan pengadaan yang pernah Anda lakukan akan tercatat secara otomatis dalam histori, sehingga akan lebih gampang bagi Anda untuk mengajukan permintaan barang atau jasa kembali. Tidak cuma itu, hadirnya template akan membikin Anda bisa mengisi dokumen yang dibutuhkan dengan lebih pesat.

  1. Peningkatan Kecepatan Transaksi

Pengadaan barang dan jasa secara online melewati e-procurement ternyata lebih efisien dan menghemat waktu. Pasalnya, metode ini akan menyederhanakan pengerjaan pengadaan barang yang Anda lakukan, sehingga kecepatan transaksi akan mengalami peningkatan.

Tidak cuma itu, waktu siklus pengadaan juga menjadi lebih singkat dengan kemudahan komunikasi antara Anda dengan vendor. Singkatnya, pengerjaan e-procurement menghilangkan aktivitas yang tidak perlu dan memungkinkan Anda untuk terpusat pada tugas yang lebih penting.

  1. Mengurangi Terjadinya Kekeliruan

Melalui metode pengadaan online, tiap dokumen akan timbul dengan tampilan yang lebih simpel, sehingga Anda akan lebih gampang untuk memperbaiki kekeliruan yang mungkin terjadi. Kecuali itu, histori orderan juga dapat menjadi acuan yang membikin Anda dapat memperbandingkan orderan baru dengan yang sebelumnya untuk menghindari terjadinya kekeliruan sebelum pembayaran

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *