Keuntungan Menerapkan Strategi E-procurement bagi Perusahaan - eProcurement Indonesia
preloader

Keuntungan Menerapkan Strategi E-procurement bagi Perusahaan

Keuntungan Menerapkan Strategi E-procurement bagi Perusahaan

Secara inti, e-procurement mampu menghadirkan proses pengadaan yang mudah, terintegrasi, efektif, serta efisien. Berikut adalah beberapa keuntungan yang  diperoleh perusahaan dengan menerapkan strategi e-procurement, di antaranya :

Meminimalisir Biaya

Melalui e-procurement, perusahaan akan terhindar dari duplikasi pembelian barang atau jasa, jumlah pengadaan yang tidak terkontrol, serta pengurangan biaya untuk pembuatan dokumen-dokumen fisik. Dengan demikian, biaya untuk keperluan pengadaan dapat lebih terminimalisir.

Pengeluaran Lebih Transparan

E-procurement memudahkan perusahaan dalam penyusunan serta analisis laporan. Tidak hanya itu, perusahaan juga dapat memastikan prosedur pengadaan sehingga dapat berjalan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan.

Meningkatkan Produktivitas

Melalui e-procurement, proses pengadaan menjadi berjalan lebih cepat dan efektif. Dengan adanya riwayat transaksi yang tersimpan pada sistem, perusahaan juga akan menjadi lebih mudah jika ingin melakukan pembelian barang atau jasa yang sama di masa mendatang tanpa perlu mengulang prosesnya dari awal.

Mengurangi Dokumen Fisik

Melalui e-procurement, semua dokumen dan data-data yang diperlukan untuk kegiatan pengadaan tersimpan secara otomatis di dalam sistem. Jadi, pencarian dokumen bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat tanpa perlu khawatir dokumen hilang, bertumpuk, atau terbawa orang lain.

Mempermudah Transaksi

Sistem digital pada e-procurement juga mendukung dan mempermudah proses pembelian, pembayaran, hingga pengiriman barang. Melalui platform ini, perusahaan bisa mencari vendor sesuai kebutuhan dan memilahnya sesuai jenis produk, anggaran, lokasi pengiriman, atau kuantitas.

Memudahkan Kontrol Pengadaan

Masing-masing divisi dalam perusahaan terkadang memiliki cara pengadaan yang berbeda-beda. Melalui sistem e-procurement yang sudah terstruktur dan terintegrasi, akan menjadikan divisi pengadaan menjadi lebih mudah dalam mengontrol pengadaan yang dilakukan oleh masing-masing divisi dalam perusahaan.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *