Manfaat E-Procurement untuk Perusahaan dan UKM - eProcurement Indonesia
preloader

Manfaat E-Procurement untuk Perusahaan dan UKM

Manfaat E-Procurement untuk Perusahaan dan UKM

E-procurement atau pengadaan elektronik adalah pengembangan dari procurement tradisional yang tentunya akan memudahkan bisnis Anda dalam hal pengadaan barang atau jasa. Manfaat E-procurement sangat besar sehingga tidak heran, sistem ini sudah banyak digunakan oleh instansi pemerintah, BUMN, bahkan perusahaan swasta di Indonesia.

E-procurement adalah proses pengadaan barang atau jasa yang dilakukan melalui web atau aplikasi berbasis internet. Teknologi ini dirancang untuk memudahkan interaksi antara perusahaan dengan vendor serta meningkatkan kecepatan dan efisiensi proses procurement. 

Sistem e-procurement bisa digunakan oleh semua jenis perusahaan. Bahkan UKM atau UMKM pun sekarang bisa menggunakan sistem ini. Salah satu manfaat e-procurement yaitu dapat menyederhanakan proses pengadaan sekaligus menghemat waktu dan tenaga.

Beralih dari sistem Procurement tradisional ke e-procurement, akan memberi banyak keuntungan. Manfaat e-procurement untuk perusahaan dan UKM antara lain : 

  • Menghemat Waktu dan Tenaga

Proses procurement tradisional akan memakan waktu berhari-hari untuk membeli barang. Mencari dan menghubungi vendor bisa memakan waktu 1 hari atau bahkan lebih. Belum lagi proses request quotation, pitching, hingga approval yang pastinya akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Dengan e-procurement, semua proses tersebut bisa lebih cepat. Pencarian produk, harga, spesifikasi dan vendor jauh lebih mudah karena tersedia di sistem. Proses pembelian juga sama cepatnya seperti ketika Anda belanja online. Tak hanya itu, persetujuan dan kontrak pun juga bisa dilakukan secara online. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga anda. 

  • Memangkas Biaya Operasional

E-procurement juga dapat memangkas penambahan biaya perusahaan Anda. Misalnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengadakan meeting diluar kantor, akomodasi, konsumsi hingga materai atau perangko.

  • Pengadaan Lebih Transparan

Sistem E-Procurement dapat meningkatkan kontrol terhadap berbagai kecurangan, salah satunya praktek suap-menyuap. Semua transaksi yang sedang berlangsung dan sudah terjadi akan tercatat di database. Anda juga bisa mengecek jumlah produk, spesifikasi, dan harganya. Jika ada proses tawar menawar juga akan terdata sehingga ada bukti dan bisa dimonitor.

  • Tidak Perlu Implementasi

Dashboard e-procurement berbentuk aplikasi atau web. Jadi, anda bisa langsung mengakses sistem ini tanpa perlu banyak device khusus. Jadi, Anda tidak perlu membeli peralatan tambahan, hiring karyawan baru atau pelatihan berhari-hari.

Sistem pembelian di e-procurement sama seperti belanja online yang sering dilakukan. Jadi, tak perlu waktu lama untuk mempelajarinya. Dan anda bisa lebih fokus ke tugas lain yang lebih penting atau urgent.

  • Mengurangi Kertas

Setiap dokumen akan tersimpan dalam bentuk digital, sehingga akan lebih sederhana dan rapi. Jadi, tidak perlu khawatir ada tumpukan dokumen di kantor Anda. Selain itu, tak perlu takut ada dokumen yang hilang karena semua sudah tersimpan dalam server.

Manfaat e-procurement sangat besar untuk UKM hingga perusahaan besar. Sistem ini bisa memangkas waktu, biaya, dan tenaga. Berbeda dari procurement tradisional yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. Proses pengadaan menjadi semudah belanja online.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *