Mengenal Tender Management Di E–Procurement Indonesia - eProcurement Indonesia
preloader

Mengenal Tender Management Di E–Procurement Indonesia

Mengenal Tender Management Di E–Procurement Indonesia

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, banyak proyek dan layanan potensial dimasukkan  untuk mengikuti tender. Banyak potensi perusahaan yang disediakan dengan kesempatan untuk tawaran pekerjaan. Dalam tawaran pekerjaan yang menjelaskan bagaimana perusahaan mereka akan memecahkan masalah bisnis, menyediakan layanan yang diperlukan atau memasok barang yang diminta. Mereka juga akan perlu untuk memberikan harga yang kompetitif untuk pekerjaan tersebut. Proses perancangan dan penulisan proposal atau tender ini, lengkap dengan harga yang kompetitif, disebut Tender Management.

Dalam proses pengadaan barang, jasa, informasi dan pembiayaan jangka pendek  ada beberapa proses pembelian atau akusisi, salah satunya adalah tender.  Pengertian tender adalah suatu rangkaian kegiatan penawaran yang bertujuan untuk menyeleksi, mendapatkan, menetapkan serta menunjuk perusahaan mana yang paling pantas dan layak.

Berikut tahapan Tender Management di E-Procurement Indonesia :

1. Tender Method

– Tender Stages

        Meliputi proses dan tahapan tender melalui tawaran undangan dari kontraktor yang tertarik untuk melaksanakan paket spesifik barang / jasa. 

– Tender Flow

  • Direct Award

         Negosiasi dengan satu pemasok tanpa proses kompetitif, semua Vendor diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh Tender dengan komoditas yang sama.

  • 2 Stages 2 Envelopes

         Penawar menyerahkan dua proposal dalam dua tahap.

  • dll

2. Evaluation Method

– Evaluasi Kriteria

        Tahapan yang berisi dimensi atau atribut tertentu yang digunakan dalam menilai vendor – vendor pilihan.

– Metode Evaluasi

        Tahapan yang berisi suatu proses perbandingan dan pengukuran, dari hasil akhir pengujian. Mana yang sudah sesuai, dan mana yang belum.

3. Tender Committee

Komite yang menuntut agar para penawar menjalankan standar etika tertinggi selama pengadaan dan pelaksanaan kontrak tersebut.

– Proses Persetujuan Tender

      Tahapan dalam persetujuan merupakan perjanjian yang secara khusus dipergunakan untuk menyebut kontrak mengenai hal-hal yang bersifat teknis atau administratif.

4. Bidder List (Daftar Penawar) 

Berisi daftar tender yang bersaing untuk sebuah proyek tertentu. Hal ini dikelompokkan berdasarkan :

– Berdasarkan Komoditas

– Berdasarkan Klasifikasi

– Berdasarkan Area

– dll

5. Langkah atau Proses Tender

Proses atau tahapan dalam eprocurement bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan anda, namun proses umumnya seperti berikut :

– Pengumuman

– Registrasi

– Aanwijzing / Proses pemilihan penyedia

– Pengiriman Dokumen Teknis

– Ketundukan Dokumen Niaga

– Evaluasi

– Negosiasi

– Awarding / Pengajuan Kontrak

– Penandatanganan kontrak

Kesimpulannya, Tender management di E-Procurement Indonesia ini tahapannya sangat kompleks, efisien dan efektif, sehingga membantu memudahkan proses procurement jadi lebih baik.

Untuk informasi selengkapnya mengenai software pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *