Pengaruh Pelaksanaan E-Procurement Sebagai Agen Perubahan - eProcurement Indonesia
preloader

Pengaruh Pelaksanaan E-Procurement Sebagai Agen Perubahan

Pengaruh Pelaksanaan E-Procurement Sebagai Agen Perubahan

Penerapan E-procurement sudah dilakukan pemerintah pada beberapa tahun belakangan ini. Pengadaan barang dan jasa secara elektronik yang diterapkan merupakan sistem pengadaan barang dan jasa yang proses pelaksanaannya dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan fasilitas komunikasi dan informasi melalui internet dan sistem aplikasi serta layanan pengadaan elektronik.

Dengan penerapan E-Procurement, telah terjadi efisiensi penggunaan anggaran instansi pemerintah. Hal tersebut dapat diraih karena adanya standarisasi harga dan analisa standar belanja, efisiensi terhadap alokasi yang ditetapkan, terencananya proses pengadaan barang/jasa, serta pelaporan yang jelas atas kegiatan dan penyerapan anggaran yang dapat diakses oleh pemimpin dan masyarakat secara terbuka dan kapan saja melalui internet.

Pengaruh Inovasi Terhadap Sistem Eprocurement

Karakteristik inovasi sendiri ada 5 variabel, yaitu relative advantage, compability, complexity, triliability dan observability. relative advantage. 5 variabel itu disebut sebagai keuntungan apabila dilaksanakannya sebuah inovasi. Untuk e-procurement sendiri dinilai memiliki karakteristik inovasi yang jauh lebih baik dari sistem sebelumnya. Baik dilihat dari keuntungan, kesesuaian, tingkat kerumitan, dan juga sudah berhasil ketika uji coba.

E-Procurement merupakan inovasi dari procurement konvensional atau procurement manual, dengan menerapkan eprocurement untuk kegiatan pengadaan barang dan jasa di pemerintahan, akan membuat proses tersebut lebih efektif dan juga efisien. Berikut pengaruh positif penggunaan e-procurement :

  1. Meningkatkan kontrol/pengawasan terhadap berbagai penyimpangan atau kecurangan dalam pengadaan barang/jasa.
  2. Menghemat biaya operasional pengadaan baik dari sisi panitia sampai penyedia
  3. Proses interaksi dari pengguna, penyedia jasa, serta masyarakat berjalan dengan lebih mudah dan cepat

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.