Penggunaan E-Sourcing pada E-procurement - eProcurement Indonesia
preloader

Penggunaan E-Sourcing pada E-procurement

Penggunaan E-Sourcing pada E-procurement

E-Sourcing adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menemukan sumber barang dan jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam proses procurement. E-Sourcing sendiri merupakan aktivitas yang sangat berkaitan dengan e-procurement. E-Sourcing merupakan sub bagian dalam suatu proses pengadaan barang/jasa. E-procurement sendiri melakukan pengadaan barang/jasa secara elektronik, sedangkan untuk E-Sourcing berguna untuk mencari penyedia barang/jasa yang dibutuhkan pada e-procurement.

Sebelum adanya E-Sourcing, para supplier menawarkan produk mereka secara online melalui website perusahaan ataupun melalui iklan. Namun cara tersebut kurang efektif dan efisien karena biaya yang dibutuhkan lebih banyak digunakan untuk membuat website atau memasang iklan, dan hasil yang diperoleh juga belum tentu sesuai dengan keinginan perusahaan.

Dengan adanya aplikasi web e-procurement yang dapat menampung produsen dan juga konsumen, akan menjadi peluang untuk mendapatkan supplier yang sesuai kriteria perusahaan. Aplikasi ini mengharuskan pengguna untuk melakukan pendaftaran, setelah itu perusahaan akan memasukkan produk serta katalog perusahaan. Dengan validasi ini, konsumen dapat mempercayai bahwa produk yang ditampilkan oleh produsen sudah sesuai dengan keadaannya.

Dengan sistem pengadaan barang/jasa elektronik ini bisa membuat pelaksanaan pengadaan barang/jasa dapat berjalan secara transparan, adil, dan menciptakan persaingan yang sehat. Dengan adanya pengadaan barang/jasa secara elektronik ini juga akan membuat masyarakat luas dengan mudah memperoleh informasi mengenai supplier yang ada disekitarnya. Tak hanya itu e-procurement sendiri menghadirkan cara untuk mencegah terjadinya fraud tindakan korupsi, karena semua prosesnya akan terekam di dalam web dan peluang melakukan kontak langsung dengan penyedia barang dengan bagian pengadaan semakin kecil.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.