Penjelasan Bagaimana Proses MRO Dalam Sebuah Perusahaan - eProcurement Indonesia
preloader

Penjelasan Bagaimana Proses MRO Dalam Sebuah Perusahaan

Penjelasan Bagaimana Proses MRO Dalam Sebuah Perusahaan

Pengerjaan pengadaan atau pembelian atau mro supply barang pada sebuah perusahaan diuraikan menjadi sebagian jenjang supaya barang yang dibeli pas, yang sesuai dengan keperluan, dan harganya yang sesuai dengan penggunaan. Pengendalian dan monitoring dari seluruh pengerjaan pengadaan barang ini akan melibatkan banyak departemen atau divisi berkaitan, agar tidak ada terjadi kekeliruan dan kepastian ketersediaan barang yang akan diterapkan.

Pada dasarnya pengerjaan pengadaan barang terdiri dari dua jenis, adalah barang investasi dimana barang yang dibeli bernilai investasi tinggi, membutuhkan banyak spesifikasi teknikal yang tinggi dan diterapkan dengan ROI atau return of investment yang terbilang lama. Kemudian, jenis barang yang kedua adalah MRO (maintenance, repair, dan operation) adalah sebagai barang consumable atau habis gunakan yang mempunyai poin transaksi kecil, tak banyak spesifikasi teknikal, dan ROI yang rendah.

Aktivitas yang senantiasa rutin dilakukan adalah MRO supply atau pemenuhan keperluan MRO yang sering kali memakan waktu dan biaya yang terbilang tak sedikit, apalagi apabila dilakukan dengan sistem dan langkah-langkah yang tidak sistematis. Tahapan yang biasa dilakukan supaya pengerjaan MRO supply atau pengadaan barang MRO sesuai dengan keperluan dan fungsinya, adalah sebagai berikut:

Pengerjaan Pencarian dan Identifikasi Produk

Dalam pengerjaan pencarian tipe dan jenis barang sering kali sekali menghadapi permasalahan, mulai dari jenis barang yang langka atau susah dicari, penamaan produk yang berbeda-beda, sampai tidak lengkapnya data spesifikasi teknis atau keterangan barang yang tak cukup atau minim sehingga mengakibatkan komponen purchasing mengalami kesusahan dan harus bekerja ekstra untuk mengidentifikasikan barang yang akan dibeli. Dalam tahap ini umumnya dilakukan dengan mencari pada katalog dari para pemasok, pencarian online, sampai menghubungi langsung dengan menelpon pemasok, atau pun datang langsung ke toko pemasok

Pemilihan Pemasok

Pemilihan pemasok juga menjadi dilema tersendiri bagi purchasing, hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali pemasok yang memasarkan produk yang sama dengan harga dan pelayanan yang berkompetisi. Ditengah kompetisi, hal yang perlu diamati sebelum memilih adalah sebagai berikut:

Supplier asli atau yang ditunjuk oleh merk tersebut untuk mempromosikan produk.

– Kecepatan pengiriman surat penawaran

– Penawaran yang diberikan

– Ketersediaan stok barang

– Kemudahan membayar dan menerapkan pembayaran B2B

Pengerjaan Persetujuan MRO Supply

Pengerjaan persetujuan dalam melakukan pembelian barang MRO benar-benar krusial, sebab tingkatan pengendalian dan monitoring menetapkan barang yang dibeli telah pas dan sesuai dengan permintaan. Panjangnya pengerjaan approval ini dapat mengakibatkan lamanya pengerjaan pembelian barang dan menghalangi kerja operasional.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *