Pentingnya Memiliki Vendor Management System - eProcurement Indonesia
preloader

Pentingnya Memiliki Vendor Management System

Dalam menjalankan proses pengadaan barang atau jasa, maka hal yang perlu dipersiapkan adalah Vendor Management. Bagian purchasing perusahaan harus mengetahui supplier atau vendor dan mempertimbangkan kemampuan vendor, tingkat serta lama waktu pengiriman dari vendor. Vendor Management System dibentuk untuk memulai dan membentuk hubungan oleh pemilik barang atau jasa yang dibutuhkan perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan sehari-hari.

Sederhananya, vendor management system dibentuk dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang transparan terkait pengadaan yang dilakukan perusahaan. Hal ini, dapat membuat perusahaan mendapatkan keuntungan yaitu salah satunya mencegah adanya maverick cost.

Masalah yang timbul seperti adanya maverick cost dapat diminimalisir karena dalam vendor management system terdapat keterbukaan informasi mengenai supplier dan pengeluaran perusahaan yang transparan dan proses transformasi akan berjalan lebih lancar. Sehingga dengan hal yang demikian, perusahaan dapat mengendalikan laju pengeluaran perusahaan untuk melakukan penghematan.

Tujuan utama adanya vendor management system adalah untuk mengumpulkan, menyelaraskan dan mengorganisir data yang berhubungan dengan supplier, termasuk menjalin mitra yang baik dengan supplier. Vendor management system juga dapat mengurangi resiko atas masalah yang akan timbul dan mengarahkan kegiatan pengadaan agar lebih efisien serta menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Manajemen resiko vendor management juga dapat membantu proses identifikasi penilaian dan mencegah resiko pada proses pengadaan barang atau jasa perusahaan. Vendor management memiliki standar proses untuk memantau supplier yang ada dan memiliki rencana seperti strategi, implementasi dan performa perusahaan.

Selain itu, jika dalam vendor management system terjalin hubungan yang baik dengan vendor, seperti layaknya pelanggan setia, maka hal ini dapat memberikan hasil dan keuntungan bagi kedua belah pihak. Membuat vendor management system bukan hanya sebatas agar perusahaan mendapatkan harga termurah dari supplier, tetapi juga mempertimbangkan nilai produk terbaik dan kualitas produk.

Tak hanya itu, dengan implementasi yang tepat oleh vendor management maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan dengan adanya calon mitra yang luas, sehingga dapat bekerja sama dengan vendor yang lain, baik dari vendor yang kecil maupun yang lebih besar. Dan menghasilkan pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga perusahaan juga dapat mengefisiensikan pengeluaran.

Bagi sebuah perusahaan managemen keuangan tentu sangat penting. Dengan mengimplementasikan vendor management system yang tepat maka perusahaan akan memperoleh keuntungan agar dapat menjalankan strategi perusahaan dengan baik.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *