Perlukah Perusahaan Menerapkan E-Procurement Dalam Pengadaan Barang dan Jasa? - eProcurement Indonesia
preloader

Perlukah Perusahaan Menerapkan E-Procurement Dalam Pengadaan Barang dan Jasa?

Perlukah Perusahaan Menerapkan E-Procurement Dalam Pengadaan Barang dan Jasa?

Ada beberapa pertanyaan yang meragukan “perlukah menggunakan eprocurement dalam proses pengadaan barang atau jasa? apa lebih efisien?”. Kegiatan procurement seringkali menjadi kegiatan yang selalu dilakukan oleh perusahaan. Bahkan, hal ini dapat disebut sebagai aktivitas rutin yang memberi pengaruh kelangsungan hidup suatu perusahaan. Pasalnya, perusahaan memerlukan bahan baku, bahan-bahan penunjang, suku cadang, barang jadi, dan sebagainya, untuk tetap beroperasi.

Misalkan apa yang akan terjadi seandainya procurement tak berjalan seperti seharusnya atau kegiatan ini berlangsung lambat dan kurang efektif. Akibat utamanya pasti pada mutu dan kualitas output yang dihasilkan oleh perusahaan.

Seiring berkembangnya dunia teknologi, pengadaan barang dapat dilakukan melalui internet atau biasa disebut e-procurement. Keberadaan e-procurement dinilai sangat membantu kinerja perusahaan, seperti mengurangi beberapa anggaran yang kurang penting, menghindari praktik korupsi di lingkungan pengadaan, proses pengiriman barang bisa dipastikan tepat waktu, dan lain sebagainya. 

Melalui e-procurement, kegiatan pengadaan yang berlangsung juga bisa diakses oleh seluruh pihak yang terkait di dalamnya secara online. Dengan demikian, kegiatan pengadaan akan terhindar dari celah-celah kecurangan yang umumnya terjadi karena konflik kepentingan atau pihak tertentu yang ingin mendapat keuntungan pribadi.

Selain itu, setiap dokumen akan muncul dengan tampilan yang lebih simpel, sehingga akan lebih mudah untuk memperbaiki kekeliruan yang mungkin terjadi. Dan, histori orderan juga dapat menjadi acuan dalam membuat atau memperbandingkan orderan baru dengan yang sebelumnya untuk menghindari terjadinya kekeliruan sebelum pembayaran.

Fasilitas dari e-procurement seperti e-catalog dan database vendor dalam platformnya akan membantu anda menghubungi vendor tanpa harus menunggu berhari-hari untuk menerima respon.

Dengan keuntungan yang ditawarkan, penting bagi suatu perusahaan atau korporasi untuk mulai menerapkan strategi e-procurement dalam kegiatan bisnisnya. 

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *