Prinsip-Prinsip Penerapan Eprocurement - eProcurement Indonesia
preloader

Prinsip-Prinsip Penerapan Eprocurement

Prinsip-Prinsip Penerapan Eprocurement

Salah satu prinsip penerapan eprocurement adalah efisien yang artinya pengadaan barang atau jasa dengan menggunakan dana serta tenaga yang minimum. Tujuannya untuk membuat  kualitas barang atau jasa yang sampai di perusahaan, sesuai dengan kualitas saat proses pemesanan. Prinsip selanjutnya dalam penerapan adalah tepat sasaran yang artinya pengadaan barang atau jasa yang sesuai dengan keperluan dan target yang sudah ditentukan dan memberi manfaat yang besar.

Prinsip berikutnya adalah Transparan artinya semua ketetapan dan informasi berkaitan dengan pengadaan barang atau jasa sifatnya jelas. Selain itu bisa dikenal dengan luas oleh penyedia barang atau jasa. Berikutnya mempunyai prinsip terbuka yang pengerjaan pengadaan barang atau jasa bisa diikuti oleh semua pihak sesuai ketetapan.

Mempunyai prinsip akuntabel sesuai dengan peraturan dan ketetapan dari pengadaan barang atau jasa. Semua penyedia barang atau jasa bisa mengikuti tender yang akan berlangsung. Adapun juga prinsip at the right place yang artinya Eprocurement menetapkan barang yang akan dikirim ke alamat yang diberikan. Tujuannya untuk meningkatkan ketepatan barang dengan benar. Adapun prinsip delivered at the right time dengan tujuan supaya barang dikirim tepat waktu. Jadi pengadaan barang atau jasa Anda pas dengan perencanaan yang sudah dihasilkan.

Biasanya perencanaan ini dilaksanakan di permulaan tahun sesudah pengajuan anggaran turun. Anda dapat menyesuaikan waktunya agar menghasilkan estimasi yang pas. Sebelum menggunakan pihak ketiga untuk menyediakan barang atau jasa yang diperlukan. Anda harus membuat daftar untuk keperluannya dengan akurat dan terperinci. Tujuannya agar tidak ada kesalahan anggaran.

Perusahaan juga tidak perlu mengecek jumlah barang yang datang, karena dapat dipastikan sama dengan format order yang ada di website e-Procurement, tentunya hal ini akan menghemat waktu dalam pembelian dan pengecekan di gudang.

Untuk menghindari pemalsuan merk, pilih vendor atau supplier yang benar dan legal. Jika menerapkan merk palsu, kualitas produk perusahaan akan menurun.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *