What's That E-Bidding ? - eProcurement Indonesia
preloader

What’s That E-Bidding ?

What's That E-Bidding ?

What’s That E-Bidding ?

Kalau bisa kita artikan e-bidding dalam bahasa Inggris yaitu terdiri dari dua kata e dan bidding. Dimana istilah e sudah sangat umum yag berarti dari electronic dan bidding artinya tawar menawar. Jadi e-bidding merupakan pelaksanaan pengadaan barang atau jasa dengan cara penyampaian informasi dimulai dari pengumuman sampai pengumpulan hasil pengadaan, dilakukan melalui media elektronik antara lain menggunakan media internet atau Electronic Data Interchange (EDI).

Dengan menggunakan e-bidding para pengguna dapat memonitor secara real-time penyewa tertinggi dan mengajukan beberapa penawaran secara langsung lewat Internet dari rumah ataupun kantor. Sehingga e-bidding juga merupakan sebuah sistem yang lebih terbuka dan transparan dalam mencari penawar yang potensial.

Selain e-bidding ada juga layanan electronic serupa seperti:

  1. e-Procurement adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola pengadaan barang dan jasa berbasis Web yang di design untuk mencapai suatu proses kerja yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
  2. e-Auction adalah aplikasi untuk mengelola proses pelelangan, baik lelang jual (forward auction) maupun lelang beli (reverse auction) dalam suatu Auction Room (real/virtual). Berikut penjelasannya:
  •         Reverse auction (one buyer, many sellers) Reverse auction adalah lelang secara elektronis dimana suppliers saling bersaing dalam penawaran untuk menurunkan harga jual secara sequential untuk sebuah kontrak atas spesifikasi yang dipublis.
  •         Forward auction (one seller, many buyers) Forward auction adalah lelang secara elektronis dimana pembeli yang potensial mengadakan persaingan penawaran secara elektronis dengan pembeli yang lain, untuk sebuah produk yang dipublikasikan oleh seorang penjual.

Keuntungan dari e-bidding dan e-Procurement Pada dasarnya e-bidding dan e-procurement mempunyai tujuan yang sama yaitu agar kegiatan lelang untuk e-bidding ataupun pengadaan barang dan jasa untuk e-procurement dapat lebih efisien lebih transparan keadilan, akuntabilitas, dan terbuka untuk siapa saja (umum).

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *