Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan E-Procurement - eProcurement Indonesia
preloader

Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan E-Procurement

Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan E-Procurement

Pengadaan barang/jasa secara elektronik atau yang disebut E-procurement akan memberikan efektivitas dan efisiensi saat proses pengadaan barang/jasa dilakukan. E-procurement sendiri telah banyak diterapkan di perusahaan maupun pada pemerintahan. Dengan banyaknya fitur yang sudah disediakan pada e-procurement, akan mendukung kelancaran saat proses pengadaan barang/jasa yang dilakukan sebuah perusahaan maupun dalam pemerintahan.

Faktor apa saja yang akan mempengaruhi kesuksesan e-procurement ini?

1. Leadership/ Kepemimpinan
Leadership atau yang disebut kepemimpinan. Dalam proses pengadaan barang/jasa pastinya dibutuhkan seorang untuk mengarahkan proses tersebut. Seorang itulah yang disebut dengan pemimpin. Proses implementasi e-procurement ini membutuhkan dukungan yang penuh dari pimpinan agar proses tersebut dapat berjalan lancar. Kepemimpinan ini dianggap sebagai variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pengadaan barang/jasa perusahaan. Oleh karena itu pemimpin yang mengarahkan pengadaan barang/jasa haruslah paham mengenai proses e-procurement yang baik dan benar.

2. Penyediaan Infrastruktur dan Fasilitas
Infrastruktur yang dimaksud terdiri dari banyak hal, infrastruktur yang harus disediakan oleh perusahaan haruslah mumpuni. Seperti hardware atau perangkat keras yang mendukung software e-procurement sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

3. Sumber Daya Manusia (SDM)
Teknologi tidak bisa berjalan dengan sendirinya, teknologi tersebut haruslah ada yang mengelola yaitu Sumber Daya Manusia yang ada di perusahaan tersebut. Implementasi e-procurement membutuhkan jumlah SDM yang memadai. Tak hanya dari jumlah SDMnya, SDM yang dimiliki oleh perusahaan harus yang bermutu supaya bisa menjalankan proses pengadaan barang/jasa dapat berjalan dengan sukses, efektif dan juga efisien.

Itulah beberapa faktor yang akan mempengaruhi efektivitas dalam penggunaan e-procurement. Apabila faktor-faktor tersebut dapat dipenuhi oleh perusahaan, maka proses pengadaan barang/jasa dapat berjalan dengan sukses dan perusahaan akan mendapatkan keuntungan melalui proses pengadaan barang/jasa yang dilakukan secara elektronik tersebut.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.