Pemilihan dan Evaluasi Vendor - eProcurement Indonesia
preloader

Pemilihan dan Evaluasi Vendor

Pemilihan dan Evaluasi Vendor

Perusahaan pasti akan mencari vendor yang memenuhi persyaratan dan kualifikasi, bisa saja syarat mutu atau kualitas dari produk layanan yang diberikan oleh vendor ataupun dari sisi kriteria pengiriman dan biaya. 

Kriteria kualitas secara umum diartikan sebagai kesesuaian produk dengan spesifikasi yang ditentukan di dalam dokumen pengadaan, kriteria pengiriman umumnya berhubungan dengan waktu pengiriman, sedangkan kriteria biaya adalah harga yang harus dikeluarkan perusahaan dalam melakukan bisnis dengan pemasoknya.

Seleksi dilakukan dengan tujuan memilih vendor yang akan diajak bekerja sama dalam pekerjaan yang akan dilaksanakan. Dari sekian banyak vendor yang ada, dilakukan proses seleksi sehingga mendapatkan jumlah pilihan menjadi lebih sedikit. Untuk sampai ke tahap ini, dapat dilakukan survey guna memperoleh informasi mengenai kondisi vendor. Informasi yang meliputi kemampuan vendor dari segi teknis dapat diperoleh dari ketersediaan alat-alat produksi dan tenaga ahli.

Tujuan dari pelaksanaan penilaian vendor adalah untuk :

  • Menghasilkan pengukuran yang kuantitatif dan objektif terhadap kinerja pemasok.
  • Membantu dalam membuat penilaian yang seimbang terhadap kinerja pemasok untuk seluruh kategori kebutuhan pembeli.
  • Menyediakan informasi faktual yang sama mengenai kinerja keseluruhan, baik bagi pembeli maupun pemasok.
  • Mengidentifikasi hal-hal yang bermasalah sehingga tindakan korektif dapat dikonsentrasikan.

Dalam proses pemilihan vendor, umumnya bagian unit pengadaan dari sebuah perusahaan menentukan pilihan nya hanya berdasarkan pada harga saja. Padahal, jika perusahaan ingin mencapai kesuksesan dalam bisnisnya, pemenuhan akan kriteria-kriteria yang harus dimiliki oleh vendor juga harus terus berkembang. 

Kriteria atas vendor harus mencakup konsep-konsep pengiriman, hubungan manajemen, dan dukungan vendor terhadap proyek perusahaan atau ekspansi di masa yang akan datang. Keadaan pelayanan vendor juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan dalam kriteria seleksi.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pengadaan barang dan jasa silahkan kunjungi Website https://eprocurement-indonesia.com/ atau bisa hubungi Helpdesk di +62811-3484-007 / +6231-591-75838.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *